Bakteri Yang Dapat Mengisi Baterai

Ajaib, Bakteri Ini Bisa Bantu Isi Daya Ponsel

Tim peneliti duga membran sel bakteri dapat menghasilkan arus listrik


Bakteri Shewanella
Bakteri Shewanella (asknature.org)

VIVAnews - Ilmuwan University of East Anglia, Inggris Raya berhasil menemukan potensi energi alternatif dari sebuah bakteri.

Mikrorganisme ini dapat dimanfaatkan sebagai baterai untuk mengisi daya perangkat elektronik, dengan memanfaatkan protein yang berada di permukaan bakteri.

Dalam studinya, para peneliti menunjukkan membran sel bakteri dapat menghasilkan arus listrik ketika bersentuhan dengan logam atau mineral.

Dengan demikian, studi tersebut semakin dekat untuk membawa sel bahan bakar alternatif dengan cara mengikatkan bakteri secara langsung ke elektroda.

Bakteri yang digunakan dalam studi ini bukanlah bakteri sembarangan, melainkan jenis bakteri laut yang dikenal sebagai Shewanella oneidensis. Peneliti hanya memanfaatkan protein bakteri untuk membawa elektroda dari dalam mikroba menuju ke bebatuan.



Peneliti kemudian memasukkan protein bakteri ke dalam lapisan gelembung, yang berupa kapsul lemak kecil. Selanjutnya, protein diuji untuk mengetahui seberapa bagus elektron berjalan antara donor elektron dari dalam bakteri dan sebuah besi mineral di luar bakteri.

"Kami mengetahui bakteri dapat mentransfer arus listrik ke logam dan mineral serta interaksi ini tergantung pada protein khusus pada permukaan bakteri," kata Dr Tom Clarke, ahli biologi University of East Anglia, dilansir Daily Mail, 28 Maret 2013.

"Tapi, tidak jelas apakah protein ini melakukannya secara langsung atau tidak langsung melalui mediator yang tak dikenal di lingkungan itu," tambahnya.

0 komentar:

Post a Comment